Dorong Pertumbuhan Ketahanan Pangan, DKP Gunakan Dana Otsus Bantu Masyarakat.

Berita

SENTANI, otsus.jayapurakab.go.id – Guna mendorong pertumbuhan ketahanan pangan di daerah ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Jayapura menggerakan warga untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam jagung, cabai, dan sayur-sayuran.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura, Suliyono kepada tim media Diskominfo usai pencanangan gerakan menanam jagung di Kampung Kupoins, Distrik Nimboran pekan lalu menjelaskan, bahwa pihaknya selalu siap berkolaborasi dengan distrik dan kampung untuk mendorong pemanfaatan lahan pekarangan.

Dikatakannya, dari distrik atau kampung mana yang mengajukan permintaan kepada DKP terkait dengan pemanfaatan pekarangan untuk usaha meningkatkan ketahanan pangan, pihaknya akan menggunakan dana Otsus untuk membantu dengan pengolahan lahan, pengadaan peralatan, dan pengadaan bibit.

Menurutnya, pemanfaatan pekarangan dapat digunakan untuk menanam jagung, cabai, sayur-sayuran, tetapi juga bisa digunakan untuk menanam tanaman produktif lainnya.

Mengapa pemanfaatan lahan pekarangan ini perlu, Kadis Suliyono menyampaikan supaya menekan biaya keluar di sektor ekonomi. Artinya kebutuhan pangan dalam keluarga selalu tersedia, tanpa harus membelanjakan di pasar dan tempat-tempat penjualan lainnya.

“Oleh sebab itu, saya himbau kepada semua lapisan masyarakat, terutama yang ada di Kampung Kuipons dan sekitarnya untuk benar-benar kita manfaatkan pekarangan ini sehingga dikemudian hari akan bisa memberikan hasil demi meningkatkan ekonomi keluarga,” himbaunya.

Suliyono mengharapkan dengan menanam cabai, jagung, sayur-sayuran, dan komoditi lain di sekitar pekarangan rumah yang langsung dapat mengurangi belanja, sehingga uang yang keluar seharusnya untuk belanja bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain.

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura, pemerintah distrik, pemerintah kampung, dan semua komponen masyarakat terutama para petani dalam suasana ceria bersama Pj. Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si mencanangkan penanaman jagung perdana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *