Dana Otsus Distrik Sentani Digunakan Untuk Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat

Berita

SENTANI, otsus.jayapurakab.go.id – Dana Otonomi Khusus (Otsus) Tahun 2024 di Distrik Sentani, sebesar 1 miliar seutuhnya akan digunakan untuk membiayai pengembangan usaha ekonomi masyarakat.

Demikian diungkapkan Kepala Distrik Sentani, Margaretha Debby Nukuboy, S.STP saat ditemui tim rilis Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jayapura di ruang kerjanya, Jumat (23/08/2024).

Dikatakannya, ada beberapa program yang hendak dilakukan yakni program pemberdayaan lembaga kemasyarakatan tingkat kecamatan atau distrik seperti menfasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat di 3 kelurahan dan 7 kampung.

“Adapun jenis usaha yang ingin kami kembangkan di Distrik Sentani berdasarkan pada kebutuhan dan potensi adalah, usaha ternak babi, usaha kerambah ikan, kolam ikan, dan beberapa jenis usaha lainnya,” ucapnya.

Dikemukakan, masih dari dana Otsus, pihaknya akan membantu mesin cuci motor kepada sejumlah kelompok pemuda asli Papua yang sedang mengembangkan usaha cucian motor.

“Sedangkan kepada masyarakat berdasarkan pada usulan dari beberapa kampung, kami juga akan bantu dengan pengadaan mesin parut sagu dan mesin pompa air,” sebut Kadistrik.

Sementara untuk usaha kerambah ikan, lanjut Kadistrik Sentani, yang akan dibantu adalah mulai dari pengadaan benih ikan, pakan, hingga waring. Jumlahnya dapat disesuaikan dengan ketersediaan anggaran dan kebutuhan.

Dirinya menandaskan, tujuan dari mengembangkan ekonomi masyarakat adalah disaat ekonomi masyarakat sudah maju maka dengan sendirinya berdampak terhadap perbaikan gizi dalam keluarga.

“Semua upaya peningkatan usaha ekonomi masyarakat kami lakukan ini juga merupakan bagian dari penanganan masalah stunting,” tukas mantan Kepala Lurah Sentani Kota ini.

Ia juga mengharapkan agar masyarakat selaku penerima manfaat bantuan dari dana Otsus di Distrik Sentani setelah menerima bantuan hendaknya dikembangkan secara terus-menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *