Sentani, otsus.jayapurakab.go.id – Kadis Kominfo Gustaf Griapon, ST. Monitoring sejumlah Tower BTS N3T Indosat guna memastikan kondisi Site yang di fasilitasi oleh Dirjen Pos dan Informatika pada tower-tower Provider Indosat di 3 kampung dari 2 Distrik, yaitu Site Kampung Yongsu Spari, Distrik Ravenirara dan Site kampung Dormena, Yepase , Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura.
Terkait monitoring tower yang di lakukan kadis Kominfo Gustaf Griapon tersebut, masyarakat menyambut baik dan terbuka dalam menjelaskan kondisi site dan pelayanan yang mereka rasakan sejak tower Indosat ini di bangun di kampung mereka.
Zakarias. Serondanya selaku Ketua Bamuskam kampung Yongsu Sapari Distrik Ravenirara menjelaskan terkait pelayanan Indosat yang mereka rasakan.
“Terkait dengan pelayanan dari indosat, kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak dalam hal ini Dinas Kominfo Kab Jayapura yang Sudah memfasilitasi Provider sehingga adanya tower jaringan di kampung kami. ada beberapa hal yang kami rasakan dan menghadapai kesulitan terhadap pelayanan ini, yaitu sejak dibangunya tower ini, pelayanan yang kami rasakan hanya 2 bulan, setelah itu kami mengalami kendala seperti sinyal hilang (mati), kemudian pulsa yang sudah kami beli ini, pulsa telpon atau internet, tinggal begitu tidak di pakai karna tidak ada sinyal, itu yang membuatan kami tidak menikmati pelayanan ini dengan baik ”ungkap Zakarias.
Lanjut dirinya menjelaskan “ untuk warga kampung Yongsu Sapari sendiri ada 400an, tetapi yang pakai Hp Android itu tidak terlalu banyak mungkin 90an orang, itu tidak sampai 100 orang. itu pun sa belum tahu berapa banyak orang yang pakai kartu indosat dan Telkomsel.”katanya.
Sementara itu Alvert Welem Seseray selaku Kepala Kampung Dormena, Distrik Depapre, Dirinya juga menjelaskan terkait Pelayanan Tower Indosat ini.
“ untuk pembangunan tower sendiri sejak di bangun bulan agustus 2022 tahun kemarin sudah berjalan aktif,namun ada beberapa kendalayang terjadi, seperti gangguan sinyal sering mati dengan waktu yg berjam-jam kemudian hidup lagi. Hal ini yang menjadi keluhan masyarakat karena untuk memanfaat pelayanan ini harus pergi lagi ke tempat lain seperti ke Tablasupa untuk melakukan telpon atau komunikasi dengan keluarga yang di daerah kota atau yang lain. Hal tersebut yang membuat kami sendiri belum terlalu merasakan manfaat dari pelayanan jaringan indosat ini.” Ungkap Zakarias.
Dirinya berharap pihak pemerintah dalam hal ini dinas Kominfo kabupaten Jayapura dapat membantu untuk berbicara atau komunikasikan dengan pihak indosat agar pelayanan ini dapat di perbaiki dan dapat kembali bermanfaat bagi masyarakat.
Kendala tersebut juga di rasakan oleh masyarakat Kampung Yepase Distrik Depare. Di mana hal ini juga di jelaskan oleh Carles Watimilena Kepala Kampung Yepase.
“untuk kendala yang kami alami sendiri salah satunya adalah sinyal yang sempat kami manfaatkan saat tower ini berfungsi kemudian hilang hingga saat ini, juga untuk fasilitas pelayanan Kartu indosat sendiri kami sampai saat ini kesulitan untuk mendapatkan kartu indosat tersebut karena tidak ada konter penjualan di kampung sini maupun kampung tetangga,” keluhnya.
Lanjut Carles mengatakan untuk saat ini pihaknya juga bingun mau manfaatkan fasilitas pelayanan Indosat namun kesulitan untuk mendapatkan kartu dan sinyal yang sudah hilang, dan juga kalau mau pakai kartu Telkomsel juga di sini belum ada Tower atau pemancar jaringan telkomsel.
Kepala kampung Yepase Carles Wafumilena berharap, dengan adanya Monitoring yang di lakukan oleh kadis Kominfo ini, dirinya berhapar agar nantinya kepala dinas dapat berkomunikasi dengan pihak-pihak penyedia layanan jaringan telepon dan internet untuk dapat mendorong perbaikan tower yang ada sekaligus untuk bantuan penambahan tower jaringan telkomsel juga. (*)